Bagi-bagi Rice Cooker Bukan Gimmick Politik

Pemerintah memastikan program bagi-bagi penanak nasi atau rice cooker bukan gimmick politik.

Pembagian alat elektronik itu dilakukan secara cuma-cuma kepada masyarakat untuk meningkatkan konsumsi listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, rencana pembagian rice cooker itu tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Masak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Anggaran untuk program tersebut mencapai Rp347,5 miliar dengan target penerima 500 ribu rumah tangga di tahun ini.

“Enggak (gimmick) lah, program bagus itu. Kita kan mau menaikkan (konsumsi) elektrifikasi,” kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, dilansir Media Indonesia, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ia menyebut program bagi-bagi rice cooker dapat menghemat pemakaian elpiji subsidi tiga kilogram (kg) hingga 29 juta kilogram atau setara 9,7 juta tabung gas melon. Serta, dapat menekan impor elpiji. Mengutip data Kementerian ESDM, sepanjang tahun lalu Indonesia mengimpor elpiji sebanyak 6,7 juta ton.

“Apa mau bakar (uang) elpiji terus dari impor. Program AML itu sudah betul,” ucap dia.

Arifin menjelaskan pemberian ratusan ribu unit rice cooker sicbo online mulai dilaksanakan pada awal November 2023.

Kementerian ESDM bersama PT PLN (Persero) bekerja sama memverifikasi data calon penerima. Penerima merupakan pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 volt ampere (VA) sampai 1.300 VA yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala dan tidak memiliki rice cooker sebelumnya.
“InsyaAllah (November). Ya sekitar itu (500 ribu unit. Pokoknya kita harapkan ini supaya cepat (penyalurannya),” ujar dia.

Bagi-bagi Rice Cooker

Pemerintah Indonesia terus merangsang investor untuk bisa masuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di sektor hilirisasi.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah tak segan memberikan insentif perpajakan sebagai pemanis (sweetener) kebijakan.

“Sampai hari ini Indonesia masih memberikan fasilitas pajak tax holiday dan tax allowance. Itu sebagai sweetener untuk merangsang investor bisa masuk menginvestasikan modalnya di Indonesia, khususnya pada sektor hilirisasi,” ujar Bahlil dalam konferensi pers, dilansir Media Indonesia, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ia membeberkan, pemerintah masih membutuhkan dana yang besar untuk mengejar target investasi hilirisasi 2023-2040 dari delapan sektor prioritas sebesar USD545,3 miliar atau sekitar Rp8.647 triliun (kurs Rp15.857).

Sementara itu, hingga Januari-September 2023, capaian investasi hilirisasi Indonesia baru senilai Rp266 triliun.

Insentif tax holiday diperuntukkan bagi industri pionir dan fokus pada hilirisasi industri. Sementara, pemberian fasilitas perpajakan tax allowance berupa pengurangan penghasilan neto sebesar 30 persen dari jumlah nilai penanaman modal untuk enam tahun

“Namun tidak semua sektor kita beri tax holiday. Contoh pabrik smelter produk olahan nickel pig iron (NPI), dulunya kan masuk sebagai industri pionir. Tapi, sekarang tidak lagi menjadi industri pionir. Makanya, itu tidak lagi kita berikan tax holiday,” jelas dia.

Selain itu, Bahlil menambahkan, kebijakan pemanis tersebut tidak terpengaruh dengan implementasi pajak minimum global (global minimum tax/GMT) sebesar 15 persen.

GMT disebut akan menghambat program hilirisasi karena memaksa negara-negara berkembang untuk kirim bahan baku ke negara-negara maju.

“Strateginya kita tetap pertahankan pemberian insentif. Kita tidak terpengaruh GMT. Karena itu sweetener negara harus dikasih. GMT itu kan bagi negara-negara yang sudah maju, tapi tidak punya bahan baku namun punya kapital yang besar,” tutur dia.